Iklan

Manfaat Minum Kopi

Sumber kako|14

Setelah sekiaan lama saya tidak pernah lagi memposting selain gambar/foto lucu, itu bukan berarti karena saya tidak waktu tetapi karena saya lagi malas aja, hehehe. Kali ini saya mencoba bahas mengenai salah satu minuman yang saya sukai, yang sering disajikan dalam bentuk minuman yaitu Kopi. Saya memang penyuka kopi tapi akhir-akhir ini saya mencoba mengurangi minum mengandung  kopi karena efek negatifnya seperti menjadikan saya susah tidur, karena saya secara komulatif saya kekurangan tidur oleh karena itu saya mencoba mengurangi mengkonsumsi kafein yang banyak terkandung dalam kopi, tetapi yang coba saya bahas disini bukan efek negatif tetapi efek positif dari Kopi dan kalau anda memang pecandu kopi, anda dapat merasakan langsung efek positifnya. Bahan ini saya peroleh dari ahli Nutrisi Jansen Onko, M.Sc. Dia mengatakan ada aturan untuk mengkonsumsi agar efek positifnya maksimal antara lain tidak ada campuran sama sekali sepertinya sangat sulit melaukan ini dan antara 200-300 (dua cangkir kopi) untuk orang dewasa dalam satu hari.
Nah berikut beberapa Efek Positif atau manfaat minum kopi yang mungkin anda dapat langsung rasakan setelah adan minum kopi :

1. Meningkatkan energi

Mekanisme kerja kafein adalah tubuh menjadi tidak mengantuk, perasaan segar, sedikit gembira, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra.

Kafein juga meningkatkan hormon adrenalin dalam darah yang merupakan hormon yang dirancang untuk membuat tubuh siap beraktivitas fisik yang intens.

2. Peningkatan memori

Setelah meminum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah yang kemudian mengalir sampai ke otak. Kopi kemudian meningkatkan berbagai aspek dari fungsi umum kognitif. Sebuah studi yang dipresentasikan pada Radiological Society of North Amerika tahun 2005 menyimpulkan bahwa mengonsumsi dua cangkir kopi berkafein meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi

3. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Studi menunjukkan bahwa peminum kopi lebih kecil kemungkinannya untuk terserang diabetes tipe 2. Dalam Journal of Agricultural & Food Chemistry 2012 menjelaskan bahwa efek senyawa yang terkandung dalam kopi akan menghalangi HIAPP (Human islet amyloid polypeptide), polipeptida yang dapat menghasilkan protein abnormal, yang ditemukan pada pengidap diabetes tipe 2. Para peneliti menduga penyebabnya adalah asam klorogenik di dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik ini juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan glukosa ke dalam sel).

Penelitian yang dipublikasi pada Journal of the American Medical Association tahun 2004 juga menyatakan bahwa mengonsumsi segelas kopi setiap hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Selain itu, penelitian lain menemukan bahwa kandungan kafein, asam kafeik dan asam klorogenik pada kopi turut mencegah pembentukan racun HIAPP, serta melindungi sel pankreas pembentuk insulin. Hal ini lah yang menyebabkan konsumsi kopi secara rutin dapat membantu menurunkan risiko diabetes.

4. Melawan depresi

Dalam studi Harvard tahun 2011 menyebutkan bahwa wanita yang mengonsumsi 2-3 cangkir kopi setiap harinya memiliki risiko 15% lebih rendah mengalami depresi.

5. Kopi adalah sumber antioksidan

Penelitian yang dipublikasi dalam Cancer Epidemiology Biomarkers & Prevention menyatakan bahwa kopi mengandung sejumlah antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas penyebab penyakit degeneratif. Bukan hanya itu, kopi juga memiliki manfaat apabila dikonsumsi sebelum olahraga lho.

Sebuah penelitian yang dipublikasi dalam dalam Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism mengungkapkan bahwa minum kopi sebelum berolahraga akan mengoptimalkan pembakaran lemak sebesar 15 persen kalori lebih banyak hingga tiga jam setelah olahraga. Dosis yang dibutuhkan untuk menghasilkan dampak tersebut adalah 4,5 mg kafein per kg berat badan, sehingga seseorang dengan berat badan 68 kg, kira-kira membutuhkan 300 mg kafein untuk memperoleh efek tersebut.



0 Response to "Manfaat Minum Kopi "